Press "Enter" to skip to content

Budidaya Madu Kelulut Untuk Stamina Ayam Aduan

Sabung Ayam Online – Tentunya segala informasi yang penulis berikan diharapkan dapat menjadi pengetahuan dan panduan sobat dalam merawat hewan kesayangan yang sobat pelihara sehari hari.

Kali ini penulis membahas budidaya yang agak berbeda dari biasanya ya sobat, yakni budidaya yang memang jarang dilakukan namun sebenarnya jika dilakukan memiliki keuntungan yang maksimal dan manfaat besar, yakni madu kelulut.

Baiklah sobat, untuk memahaminya lebih lanjut langsung saja uraian selengkapnya, Cara Budidaya Madu Kelulut.

1. Syarat Tempat budidaya

Seperti yang Kami uraikan sebelumnya bahwa madu kelulut tidak bisa dibudidayakan di sembarang tempat sebab madu kelulut harus berada di tempat budidaya dengan kondisi yang memiliki suhu maksimal 26 derajat celcius dan jauh dari keramaian.

Tempat budidaya juga harus dekat dengan sumber air bersih untuk minum, seperti sungai yang masih alami dan bersih yang umumnya berada di daerah pegunungan dan pedesaan lereng gunung, jika tidak ada dapat dibuat dan disediakan sendiri.
budidaya juga harus banyak bunga bunga dengan jarak tidak lebih dari 2 km sebab madu kelulut membutuhkan nektar untuk makan dan membuat madu kelulut serta tempat budidaya juga harus jauh dari angin kencang.

2. Alat dan Bahan

Kita sebelum budidaya sobat harus mempersiapkan segala alat dan bahan yang lengkap ya sobat, Persiapkan alat untuk membuat sarang dan memanen madu kelulut yakni garpu lebah madu kelulut, gergaji kayu, pisau lebah, gunting,

seng, palu, pengasap, dan masker untuk keamanan. Bentuk kayu menjadi kotak dan tempatkan menghadap timur agar tetap teduh di siang hari. Beri obat pelumas agar tidak diganggu semut dan serangga.

3. Mencari Kelompok Madu kelulut

1 kelompok Lebah dapat lalu dimasukkan ke dalam kotak yang sudah diisi sisiran dan larutan gula kental unggul yang didekatkan dekat kelompok madu kelulut yang telah ditangkap.

4. Menjinakkan Madu kelulut

Berikan Asapi komplotan madu kelulut semampunya agar menjadi lebih jinak dan tidak agresif, irislah sisiran sarang dan ikat pada bingkai sarang perlahan kemudian cari ratu madu kelulutnya. SImpan ratu madu kelulut ke dalam kandang lalu tempelkan di dalam kotak lebah. Sisiran yang dipindah ialah yang penuh larva muda, madu kelulut, dan pollen, warnanya putih.

5. Memancing Anggota Kelompok Madu kelulut

Taruh kotak pada tempat yang agak terbuka lapang agar anggota kelompok madu kelulut yang lain dapat masuk ke dalam kotak tersebut. Sehari setelah penangkapan, kurungan untuk ratu madu kelulut dibuka, agar ratu madu kelulut tidak terbang, sayap dapat dipotong sedikit sehingga lebah pekerja lainnya akan merasa tenang dan sekitar 3 hari kemudian akan aktif mencari makan, membuat sarang, dsb.

6. Periksa Perkembangan Kelompok Madu kelulut

Pemeriksaan dapat dilakukan seminggu sekali dengan pemeriksa berdiri di samping kiri agar tidak menutupi jalur terbang madu kelulut dan tidak disengat. Angkat kotak secara perlahan, periksa keadaan ratu madu kelulut mulai dari larva, telur, madu kelulut, dan tepung sarinya, pastikan semuanya terdapat perkembangan. Setelah selesai, tutup kembali seperti semula.

7. Pengaturan Sarang

Berikut cara untuk meningkatkan daya kerja kelompok madu kelulut dalam membangun sarangnya.Disarankan Pindah sisiran sarang dengan urutan tempat madu kelulut dan tepungsari, telur dan larva, dan kosong agar digunakan untuk membangun sarang di bagian tersebut, hal ini biasa dilakukan di musim menjelang panen madu kelulut.

Demikianlah ulasan Budidaya Madu Kelulut Untuk Stamina Ayam Aduan yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas ayam aduan kesayangan anda. Salam hangat Bandarsabung.id

Be First to Comment

Leave a Reply

Copyright Bandar Bola BANDAR303 2018 - All Right Reserved . Bandarsabung menyajikan tips, trik dan informasi terkait dengan Sabung Ayam Online.